SMK KH. A. Wahab Muhsin Tanamkan Eskul Rimayah Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah

0
150
Alt
Tim Eskul Rimayah SMK KH. A. Wahab Muhsin.
Gema Mitra – Kab. Tasik
Dalam rangka membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah, SMK KH. A. Wahab Muhsin tanamkan ekstrakurikuler Rimayah. Ekskul ini bertujuan untuk melatih fisik dan psikis perserta didik diantaranya membangun kekuatan tubuh, melatih koordinasi dan keseimbangan serta fleksibilitas anggota tubuh, meningkatkan fokus, melatih kesabaran dan membangun kepercayaan diri. Rimayah merupakan ekskul yang di dalamnya terdiri dari panahan (archery), lempar pisau dan manjanik (ketepel).
Seperti diungkapkan oleh Kepala SMK KH. A. Wahab Muhsin Drs. H. E. Koswara, M.Si, bahwa dalam Eskul Rimayah banyak sekali manfaat yang bisa diambil, disana ada unsur edukasinya. Anak dilatih untuk focus, ketepatan, kecerdikan, kehati-hatian, sesuai dengan anjuran yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Ia menuturkan, memanah melatih emosi untuk meletakkan ‘target’ pada satu tujuan. Bila emosi kita terganggu, sudah tentu tujuan bakal mudah melenceng. “Secara tidak langsung berolahraga ini melatih kita untuk belajar tenang serta mengatur emosi supaya tenang, tidak gugup dan penyabar”, paparnya.
Sementara Wakasek Kurikulum Rahman Hakim S.T menjelaskan, kegiatan Ekskul di SMK KH. A. Wahab Muhsin dibagi kedalam dua pengelompokan, yaitu kegiatan yang secara umum biasa dilaksanakan disetiap sekolah diantaranya Pramuka (sebagai ekstrakurikuler wajib), Paskibra dan PMR, dan kegiatan yang ditetapkan oleh sekolah yang sifatnya wajib diikuti oleh seluruh siswa, kegiatan ekskul ini diantaranya yaitu rimayah, olahraga ketangkasan, tadribul khutobah, olah vocal dan tata boga.
Rahman menjelaskan, sebagai sekolah yang memiliki karakterisitik berbasis pesantren, maka dengan berbagai pertimbangan seluruh kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari Jum’at mulai pukul 07.15 samapi dengan pukul 11.00 dan dilanjutkan kembali setelah shalat jum’at sampai dengan pukul 15.00 sesuai pengaturan jadwal yang telah ditetapkan.
Selain itu, lanjut Rahman, untuk melengkapi jadwal kegiatan, maka masuk salah satu kegiatan kedalam jadwal ekskul yaitu pembinaan siswa oleh setiap walikelas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperlancar pelaksanaan tugas walikelas dan membangun komunikasi yang baik antara peserta didik dengan wali kelasnya.
“Adapun tujuan kegiatan Eskul ini yaitu sebagai kegiatan yang diarahkan untuk memperluas pengetahuan, mengembangkan bakat dan minat serta menerapkan secara lebih lanjut pengetahuan yang telah dipelajari peserta didik dalam rangka upaya pembinaan pribadi yang beriman, bertakwa, berakhlakul karimah, tangguh disiplin dan profesional”, jelas Rahman kepada Gema Mitra, Senin 13/8/2018. (Tatang RA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here