SMAN 1 Singaparna Syarat Prestasi, Hantarkan 61% Lulusan Menuju Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

0
619
Foto bersama, Kepala Sekolah dan para guru SMAN 1 Singaparna.

Gema Mitra – Kab. Tasikmalaya

Bertempat di Gedung Islamic Centre Jl. Bojong Koneng Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, SMAN 1 Singaparna (SMANESPA) telah mengadakan acara Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik Kelas XII, dengan tema yang di usung “Berpisah untuk melangkah menghadapi tantangan dari warna-warni kehidupan menuju sukses”, Sabtu 5/5/2018.
Acara yang di gelar sedari pagi hingga siang hari tersebut dihadiri oleh seluruh peserta didik para wisudawan SMAN 1 Singaparna, orang tua siswa, rengrengan komite, segenap civitas akademika SMAN 1 Singaparna, aparat keamanan Polsek Singaparna, para Bapak Ibu Guru purnabakti dan para tamu undangan lainnya.
Selain dimeriahkan oleh pentas seni yang ditampilkan oleh para siswa/siswi SMAN 1 Singaparna, acara tersebut diawali oleh prosesi upacara adat sunda sebagai tanda telah selesainya masa belajar di sekolah. Dilanjutkan dengan serah terima peserta didik kelas XII oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Singaparna Drs, Anda Sujana, M.Pd kepada Ketua Komite Drs. H. Aban.
Alt
serah terima peserta didik kelas XII oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Singaparna Drs, Anda Sujana, M.Pd kepada Ketua Komite Drs. H. Aban.
Pada kesempatan itu juga pihak sekolah memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi, diantaranya hasil UNBK tertinggi peminatan MIPA dengan jumlah nilai 348 dengan katagori sangat baik diraih oleh Muhammad Faturohman dari kelas XII MIPA 5, UNBK tertinggi dengan jumlah nilai 282,5 katagori baik diraih oleh Jajang Yantiama XII IPS 4, kemudian untuk siswa teladan terdisiplin diraih oleh Dika Muhammad Fajar Kelas XII IPS 2 dan untuk siswa teladan terapih diraih oleh Ade Tantan dari kelas XII IPS 3.
Alt
Foto bersama peserta didik berprestasi dengan kepala sekolah dan segenap pembantu kepala sekolah didampingi orang tua siswa.
Drs. Dadang Rusmana, MM selaku ketua panitia acara mengatakan, untuk tahun ini sengaja kami adakan Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik Kelas XII di luar sekolah, hal tersebut bertujuan untuk memeberikan kenyamanan dan keamanan kepada peserta didik dengan sarana dan prasarana yang lebih baik. Karena kalau di sekolah lahan parkirnya kurang memadai.
“Alhamdulillah seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan kondusif, semoga di tahun-tahun yang akan datang lebih baik dan meningkat lagi, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya sehingga SMAN 1 Singaparna lebih di terima oleh masyarakat luas. Dengan meningkatkan mutu pendidikan, harapan kami SMAN 1 Singaparna menjadi pionir di priangan timur termasuk di jawa barat”, tuturya.
Sementara kepala sekolah SMAN 1 Singaparna Drs. Anda Sujana, M.Pd menuturkan, “Alhamdulillah kami telah melaksanakan Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik Kelas XII dengan rasa syukur dan bangga, karena dari jumlah peserta didik sebanyak 397 orang, 240 orang telah masuk ke berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. “Di PTN masuk 121 orang, artinya sekitar 61%  dari keseluruhan siswa kelas XII telah terserap di berbagai perguruan tinggi. Mudahh-mudahan ini menjadi sesuatu hal yang bisa berkelanjutan di tahun-tahun yang akan datang”, ungkapnya.
Drs. Anda Sujana, M.Pd menambahkan, adapun rencana kedepan, kami akan mengadakan seleksi rekrutmen peserta didik baru dengan mengacu pada peraturan yang telah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat. Akan tetapi kami tetap akan memperhatikan prestasi dari sekolah asalnya yaitu SMP/Mts.
Lebih lanjut dikatakan, ada 5 hal yang harus diperhatikan untuk mempertahankan prestasi diantaranya, 1. Input pendidikan yaitu peserta didik yang akan masuk ke SMAN 1 Singaparna memiliki prestasi yang membanggakan, 2. Tenaga pengajar serta staf tenaga administrasi yang profesional, 3. Proses pembelajaran akan di kawal terus, 4. Sarana dan prasarana yang lengkap, 5. Kultur atau disiplin dan kinerja para siswa untuk tetap ingin berprestasi.
Alt
Sambutan Kepala Sekolah, Drs. Anda Sujada, M.Pd pada acara Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik Kelas XII tahun 2018. GIC Kab. Tasikmalaya, Sabtu 5/5/2018.
“Dengan adanya kerjasama yang baik, mulai dari 75 orang tenaga pengajar serta 25 orang tenaga administarasi SMAN 1 Singaparna, Ketua komite Drs. H. Aban beserta rengrengannya, para Bapak Ibu guru yang sudah purnabakti, orang tua peserta didik dan seluruh warga sekolah yang telah mendukung memberikan partisipasi serta motivasi kepada kelembagaan SMAN 1 Singaparna, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingganya. Karena melalui doa dan dukungan dari semua pihak, SMAN 1 Singaparna bisa meraih prestasi yang cukup membanggakan”, paparnya.
“Mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang SMAN 1 Singaparna bisa lebih memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya khususnya, Provinsi Jawa barat dan Nasional dalam memberikan mutu pendidikan yang lebih baik”, tukas Drs. Anda Sujana, M.Pd kepada Gema Mitra seusai acara, Sabtu 5/5/2018.
Adapun prestasi SMAN 1 Singaparna dari tahun ke tahun yaitu, tahun 2008 dinobatkan sebagai Sekolah Katagori Mandiri (SKM), Tahun 2009 ditetapkan sebagai sekolah rintisan bertaraf internasional, tahun 2012 sebagai sekolah pusat layanan TIK se-Kabupaten Tasikmalaya dan se-Priangan Timur, tahun 2013 sebagai sekolah pelaksana kurikulum 2013, tahun 2014 ditetepkan sebagai sekolah Induk Klaster pendampinga kurikuklum 2013, tahun 2015 ditetapkan sebagai SMA model pemenuhan standar nasional pendidikan, tahun 2016 ditetapkan sebagai SMA rujukan se-Indonesia bersama dengan 514 sekolah seluruh Indonesia dari jumlah sekolah 13.552 atau masuk dalam kelompok 46 SMA Negeri di Jawab Barat dari jumlah 400 lebih SMA Negeri yang ada di Jawa Barat, tahun 2017 sebagai SMA rujukan tahap ke-2, tahun 2017 ditetapkan sebagai sekolah Induk Klaster penyelenggaraan SMA terbuka, tahun 2017 ditetapkan sebagai sekolah ramah anak dan tahun 2018 untuk yang ke 3 kalinya ditetapkan menjadi SMA rujukan di Indonesia.
Alt
Rengrengan Komite H.Deden Nurul Hidayat ST.MM dan Drs. Erry Purwanto, M.Si foto bersama dengan para peserta didik SMAN 1 Singaparna. GIC Kab. Tasikmalaya-Sabtu 5/5/2018.
Ditempat yang sama perwakilan dari komite SMAN 1 Singaparna, Drs. Erry Purwanto, M.Si, mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih oleh SMAN 1 Singaparna. Hal tersebut dikarenakan, selama kurun waktu 7 tahun untuk menempuh perguruan tinggi itu sangat sulit. Tapi tahun ini hampir semua lulusan SMAN 1 Singaparna masuk ke perguruan tinggi ternama yang ada di seluruh Indonesia, ada sekitar 61% dari jumlah siswa.
“Untuk menuju pada pencapaian ini tidak gampang, karena selama 37 tahun SMAN 1 Singaparna berdiri baru kali ini mampu meraih prestasi. Ini merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Tasikmalaya”, tegasnya.
Drs. Erry Purwanto, M.Si menuturkan, bahwa SMAN 1 Singaparna merupakan sekolah terbaik se-Priangan Timur, karena di sekolah lain saya belum melihat jumlah lulusannya sebaik yang dicapai SMAN 1 Singaparna. “Kami atas nama komite ingin mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian para guru, karena tanpa pengabdian mereka yang tanpa pamrih, tidak mungkin ini bisa dicapai. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada kepala sekolah Drs. Anda Sujana, M.Pd, berkat kerja keras, pengorbanan dan perjuangannya dalam memimpin SMAN 1 Singaparna, sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan dari tahun ke tahun. Semoga bisa menjadi tauladan dan memberikan inspirasi bagi sekolah lain yang ingin maju seperti SMAN 1 Sigaparna”, ujarnya kepada Gema Mitra.
Alt
H. Sidik S anggota Polsek Singaparna perwakilan orang tua siswa, sedang berbincang dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Singaparna Drs. Anda Sujana, M.Pd
Sidik S, perwakilan dari orang tua siswa mengatakan, kami sangat berterima kasih kepada para guru SMAN 1 Singaparna yang telah mendidik anak-anak kami hingga selesai dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kami juga mengapresiasi atas pencapaian yang telah ditorehkan oleh pihak sekolah. “Melihat animo dari masyarakat, kami kira tahun ini akan banyak sekali masyarakat atau orang tua siswa yang ingin menyekolahkan anaknya ke SMAN 1 Singaparna. Ini merupakan sekolah favorit yang ada di Kabupaten Tasikmalaya”, ujar H. Sidik anggota Polsek Singaparna yang juga orang tua dari Aulia Zulfa peserta SNMPTN yang lolos ke Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. (Tatang RA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here