Sambut BUMDes Expo 2018 Pengurus Forum BUMDes Kabupaten Tasikmalaya Gelar Rapat Umum

0
394
Alt

 

Gema Mitra – Kab. Tasikmalaya
Bertempat di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKBKabupaten Tasikmalaya, Jumat 20/4/2018, pengurus Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Tasikmalaya mengadakan rapat umum sebagai persiapan dalam rangka menyambut kegiatan BUMDes Expo 2018.
Nampak hadir pada kesempatan tersebut Ketua Tenaga Ahli (TA) tasikmalaya, Ketua Forum Bumdes Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya, Ketua UPK, Team Inovasi Kecamatan atau TVID Kecamatan se-Kabupaten dan para Pendamping Kecamatan dan Pendamping Desa bersama Forum Bumdes Kabupaten.
Ketua Forum BUMDes Kabupaten Tasikmalaya, Drs. Usep Hadiana mengatakan, BUMDes EXPO 2018 merupakan program dari pada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKBKabupaten Tasikmalaya, yang dikaitkan dengan program bulan bakti, gotong royong masyarakat bersama lewat BUMDes Expo 2018.
Pada kesempatan ini sengaja kami undang seluruh ketua forum BUMDes kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya, ketua pendamping kecamatan dan pendamping desa dan juga team inovasi desa.
“Jadi pameran BUMDes Expo tersebut adalah Pameran bersama antara forum BUMDes, para pendamping dan team inovasi di bawah naungan Dinas PMDPAKB yang nantinya akan menghadirkan produk-produk unggulan kawasan pedesaan”, ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakan, dalam pelaksanaannya nanti yang insya allah akan diadakan pada tanggal 2-3 mei 2018, yang rencananya akan di buka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya, kami Forum Bumdes Kabupaten sengaja menghadirkan para pengusaha baik dari BUMN, BUMD dan juga Dinas-dinas terkait di pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, baik itu Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan. “Kan yang seperti itu berkaitan dengan produk-produk unggulan BUMDes di kawasan pedesaan, maka diharapkan mereka itu hadir tepat pada waktunya”, pungkas Usep kepada Gema Mitra seusai acara, Jumat 20/4/2018.
Bendahara Umum Forum BUMDes Kabupaten Tasikmalaya Wawan Suhendi, mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya atas terselenggaranya rapat pesrsiapan BUMDes Expo 2018.
Alhamdulillah dari segi kebersamaan baik Forum Bumdes Kabupaten,Forum Bumdes Kecamatan, TVID Kecamatan dan juga pelaku UPK yang ada di kecamatan semuanya mensuport. Hanya saja sangat disayangkan karena seharusnya acara dihadiri APDESI tetapi karena APDESI hari ini juga ada pertemuan tentang pemerintahannya maka dari hasil konsolidasi dan rapat ini kami akan sampaikan kepada Ketua Umum Apdesi Kabupaten Tasikmalaya. Namun mudah-mudahan harapan dari musyawarah ini bisa terwujud dengan baik, sukses sehingga semua Bumdes-Bumdes yang ada di Tasikmalaya bisa menampilkan produk-produk unggulan masing-masing desa nanti dalam acara pameran BUMDes Expo 2018.
Wawan menambahkan, mudah-mudahan ini sebagai jembatan dan juga sebagai apresiasi bagi bumdes-bumdes yang belum terbentuk sehingga ada giro untuk membangun bumdes. Karena ini juga akan di pertontonkan lebih dari 1000 pengunjung baik dari Dinas, jajaran kepala desa dan sebagainya termasuk undangan dari Kemendesa ataupun dari provinsi. Bahkan tidak hanya dari bumdes-bumdes yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, kami juga menerima telepon dari kabupaten lain akan menampilkan produk-produk Bumdes dari Kabupaten lain, hanya saja kavlingnya di kavling VIP atau Berbayar.
“Ya, mudah-mudahan dari segi Event ini juga di lihat dari Provinsi maupun dari Kemendesa, kami akan selalu on setiap saat untuk melaporkan kegiatan-kegiatan Expo ini”, katanya.
Semenatara, Sekretaris Forum BUMDes Kabupaten Tasikmalaya Tutus Suryadi, mengatakan, harapan saya adanya kemajuan. Intinya semua Bumdes dari 351 Desa, sama-sama maju dan tahu apa yang harus di tata sehingga bisa step by step bisa membangun satu usaha yang mandiri.
Tutus menjelaskan, memang yang ingin saya gali yaitu ingin menggali potensi yang masih tidur, potensi-potensi yang harus segera dilahirkan. Seperti pariwisata, argobisnis, hasil pertanian masih besar sekali. “Kendalanya cuma karena kita tidak bisa mengolah dan tidak bisa memasarkan. Ada juga yang bisa mengolah tidak bisa memasarkan sehingga pada akhirnya ya tidak jadi satu dorongan yang kuat untuk membikin satu usaha dari produkl-produk yang ada di masyarakat. Misalkan gulampo, kalau seandainya di kemas semenarik mungkin, bukan tidak mungkin akan menjadi produk unggulan”, katanya.
Mudah-mudahan, lanjut Tutus, sekalipun waktunya begitu mepet dan persiapannya memakan energy besar dan faktor-faktor pendukung juga yang masih diupayakan harus maksimun.
“Semoga exspo ini menjadikan ispirasi bagi semua bumdes, inspirasi semua pengunjung dan bisa membesarkan bumdes sesuai dengan cita-cita dari pemimpin sekarang, yaitu kita membangun dari pinggiran dulu”, tukas Tutus yang gemar memanfaatkan sarana teknologi dalam mengembangkan dan mempromosikan bisnisnya dengan mengandalkan koneksi internet.
Ditempat yang sama, Manager Jiwasraya Cabang Tasikmalaya Saepul Kirom yang turut hadir mengatakan, kebetulan Jiwasraya Perusahaan Pemeruintah BUMN ada program dari pemerintah untuk masyarakat ataupun untuk para pegawai non PNS kalau untuk punya dana pensiun jangan salah menyimpan dana keuangan kalau bisa di perusahaan pemerintah supaya nanti keuntuingannya buat masuyarakat. Apabila ada keluhan-keluahan atau masalah di luar Jiwasraya itu tanggung jawab swasta sedangkan jiwasraya ini 100% pemerintah yang bertanggung jawab. Untuk teknisnya kita memasarkan kepada masarakat diberikan motif beli utamanya apa misalkan pendidikan, dana hari tua/pensiun atau umroh agar tercapai supaya nanti di masa depannya betul-betul ada jaminan dari keuang yang ditabungkan hari ini.
“Kan gak ada jaminan pasti kalau di swasta, kalu disini (Jiwasraya) sudah pasti meskipun ada kejanggalan-kejanggalan itu mungkin ada kesalahpahaman diantara nasabah ataupun dengan Jiwasraya. Selama tidak ada masalah miss komunikasi antara agen dan nasabah, insya allah ini di jamin kepastiannya”, ungkapnya. (Tatang RA/Rara Hanacho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here