Kelompok KKN Linggarjati 1 Menjadi Juri Lomba Mewarnai Gambar Tingkat TK PGRI II Kec. Pamulihan

0
702
Alt
Foto bersama para peserta didampingi staf guru dan dewan juri, hasil akhir lomba mewarnai.

Garut – Gema Mitra

Pada hari Sabtu tanggal 3 Maret 2018, telah diadakan perlombaan mewarnai gambar tingkat TK PGRI II. Perlombaan tersebut dimulai pada pukul 8 -11 pagi, diikuti oleh puhun peserta yang dipusatkan di gedung sekolah TK PGRI II Kampung Bebedahan Desa Linggarjati Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut.
Alt
peserta lomba mewarnai sedang menggoreskan pensilnya diatas kertas gambar.
Aat selaku staf pengajar TK PGRI II mengatakan, Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk melatih keterampilan motorik pada anak, melatih kreativitas anak.
Dia memaparkan, perlombaan mewarnai gambar ini memang banyak sekali manfaatnya dalam rangka mengembangkan potensi anak dan memupuk rasa percaya diri mereka. Anak belajar untuk percaya pada kemampuannya, mencocokan warna, mengambil keputusan warna yang digunakan, memahami media dan alat yang digunakan, serta mempraktekkan tehnik mewarnai yang sudah dipelajarinya. Mudah-mudahan dengan adanya perlombaan ini, anak-anak termotivasi dalam mengasah kemampuannya supaya menjadi lebih baik lagi dan membuat TK PGRI II lebih berwarna serta cemerlang untuk kedepannya”, papar Aat, pada Gema Mitra saat kegiatan berlangsung.
Lebih lanjut diakatakan, untuk juri dalam kegiatan ini, kami serahkan kepada mahasiswa KKN Linggarjati 1 yang Alhamdulillah kooperatif ikut mensukseskan acara ini. “Untuk itu, kami segenap warga TK PGRI II mengucapkan terima kasih, semoga jalinan kerjasama ini menjadikan amal kebaikan”, pungkasnya.
Sementara itu, Reni perwakilan dari tim juri mengatakan, Penetapan pemenang lomba mewarnai yang digelar di TK PGRI II yaitu berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh panitia.
Alt
Situasi lomba mewarnai TK PGRI II Kec. Pamulihan.
“Alasan untuk memilih pemenang cukup berat, seluruh tim dewan juri harus melihat kelebihan dari masing-masing peserta, hal tersebut dapat dilihat dengan variatifnya warna yang dibuat hingga korelasi antara warna dengan gambar. Sehingga benar-benar menghasilkan karya yang indah,” ujarnya saat diwawancai di lokasi acara.
Reni menjelaskan, adapun kriteria penilaian adalah sebagai berikut. Diantaranya harmoni (komposisi warna) 30 %, motorik (kecermatan/ketelitian) 40 % dan finishing (kerapihan dan kebersihan) 30 %. “Alhamdulillah dalam perlombaan ini, respon anak-anak sangat antosias. Mereka sangat semangat menggoreskan setiap warna pada gambarnya masing-masing”, tukasnya. (Alki Diyasmar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here