Fakultas Pertanian Uniga Berperan Aktif Dalam Pemberantasan Hama

0
128
Alt
Masyarakat Desa Linggarjati sedang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh para Mahasiswa KKN Uniga Fakultas Pertanian.

Kab. Garut  – Gema Mitra

Dalam rangka memenuhi kewajiban sebagai peserta KKN dari Fakultas Pertanian Universitas Garut (Unigal), pada hari Jumat tanggal 9 Maret 2018 yang lalu, para mahasiswa melakukan sosialisasi dan pelatihan penanggulangan hama. Hal tersebut di rasa penting karena para petani yang ada di Desa Linggarjati Kecamatan Pamulihan dikeluhkan dengan banyaknya hama yang menyerang tanaman mereka sehingga hasil panennya mengalami penurunan dan rugi. 
Dikatakan Asep didampingi kawannya Engkus perwakilan dari mahasiswa, bahwa diadakannya pelatihan sekaligus praktek ini, merupakann salah satu bentuk pengabdian dari kami selaku mahasiswa untuk turut memikirkan sekaligus membuat gebrakan baru yang mudah-mudahan bisa membantu masyarakat khususnya yang ada di desa Linggarjati.
Alt
Peserta KKN Fakultas Pertanian Uniga sedang melakukan sosialisasi dan pelatihan pemberantasan hama tanaman.
Selain itu, lanjut Asep, dalam rangka membantu pertanian di masyarakat, kami juga mengadakan penyuluhan diantaranya pelatihan pembuatan MOL Vegetatif (Mikro Ogranisme Lokal), pembuatan perangkap walang sangit dan praktek pembuatan pestisida organik untuk hama tikus.
“Alhamdulillah segala program yang kami laksanakan mendapat sambutan baik dari masyarakat dan perangkat desa setempat. Hal itu terbukti dari banyaknya peserta yang ikut dalam pelatihan ini. Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat dan sedikit bisa membantu permasalahan para petani yang ada di desa linggarjati”, paparnya pada Gema Mitra.
Alt
Proses pembuatan pestisida organik untuk hama tikus.
Soleh (48) salah seorang warga yang mengikuti pelatihan mengatakan, bahwa kami warga masyarakat disini, merasa senang dengan adanya praktek langsung dari mahasiswa uniga khususnya tentang permasalahan di bidang pertanian ini, saya merasakan manfaatnya sangat berpengaruh pada hasil yang diperoleh. (Alki Diyasmar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here