Komite dan Pihak Sekolah SMPN 5 Tasikmalaya Lakukan Pembenahan Sarana dan Prasarana

0
310
Alt
Walikota Drs. H. Budi Budiman meresmikan sarana toilet didampingi Kepala Sekolah SMPN 5 Tasikmalaya H Eem Sulaeman, Komite Sekolah Diani Safarina, Kabid Pembinaan SMP H. Dadang Yudistira, dan para guru staf pengajar SMPN 5.
Gema Mitra – Kota Tasik
Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengunjungi SMP Negeri 5 yang beralamat di jalan RE Martadinata no 85 Cipedes Kota Tasikmalaya, Senin pagi (7/5/2018)
Kedatangan Walikota ini disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 5 H Eem Sulaeman ,SE, S.Pd, Komite Sekolah, Guru-guru serta para siswa.
Adapun kedatangan Walikota Tasikmalaya ke SMPN 5 yakni untuk memberikan penghargaan kepada peserta didik berprestasi serta peresmian sarana prasarana berupa Toilet, hasil kerja dari Komite Sekolah. Dalam kesempatan itu Walikota Tasikmalaya diminta pihak sekolah untuk menjadi pembina upacara.
“Pendidikan itu merupakan unsur terpenting dalam pembangunan Bangsa karena melalui pendidikan, dasar pembangunan karakter manusia dimulai,” ungkap Walikota dalam amanatnya, seraya mengatakan bahwa “pendidikan karakter mempunyai fungsi strategis bagi kemajuan bangsa,harus ada komitmen untuk menjalankan pendidikan karakter sebagai bagian dari jati diri bangsa. ilmu Pengetahuan Teknologi harus dikuasai tapi yang terpenting jangan melupakan Iman dan Taqwa (Imtaq),” jelasnya.
Usai melaksanakan upacara pagi, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada peserta didik SMPN 5 yang berprestasi, setelah itu meresmikan sarana prasarana yang telah dibangun hasil kerja dari komite sekolah berupa Toilet untuk para siswa. Pada kesempatan itu juga dipertontonkan kesenian tradisional sunda calung oleh peserta didik SMPN 5 yang sukses mewakili kota Tasikmalaya dalam FLS2N ke tingkat provinsi.
Kepala Sekolah SMP Negeri 5, H Eem Sulaeman,SE,S.Pd saat di wawancarai di ruang kerjanya mengatakan, memang pembangunan toilet ini merupakan program sekolah, setelah ada bangunan masjid, kantin, tinggal penambahan toilet untuk siswa.
“Dikarenakan sarana toilet yang ada disini dirasa masih kurang, pihak sekolah mengajukan ke komite sekolah, lalu kemudian pihak komite sekolah bermusyawarah dengan para orang tua siswa, terus terang pihak komite sekolah pun tidak menarget anggaran kepada orang tua siswa. Ini murni sumbangan sukarela dari para orang tua,” papar H Eem.
Lebih lanjut dikatakan, hasil sumbangan yang telah terkumpul, ditambah hasil kerja komite yang begitu antusias dan bersemangat dalam mencari dana, syukur alhamdulillah akhirnya dapat membangun dua ruang ganti dan empat ruang untuk toilet siswa wanita juga dua toilet untuk siswa pria.
“Alhamdulillah pelaksanaan pembangunan berjalan lancar dan kondusif, tadi juga dilakukan pemberian penghargaan untuk siswa berprestasi oleh Walikota Tasikmalaya, hal itu diharapkan akan menambah kebanggaan bagi siswa supaya menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk dapat meningkatkan prestasinya,” tutur H. Eem.
Sementara Diani Safarina ketua Komite Sekolah SMPN 5, mengatakan bahwa kami mendapat mandat langsung dari Kepala Sekolah sebagai pelaksana untuk mengerjakan program pertama yaitu pembuatan sarana prasarana MCK. Adapun untuk sumber dana murni berasal dari para orang tua siswa kelas VII yang baru masuk.
“Kami memberi kesempatan kepada para orang tua khususnya siswa kelas VII untuk mengalokasikan dana berupa infak dan sedekah dengan sukarela alias tidak di tarif, sehingga total dana yang terkumpul sebesar Rp. 49 juta, sedangkan total akhir Rp. 100 juta lebih dengan waktu pengerjaan kurang lebih 8 bulan. Berarti ada sumber dana lain. Sisanya dari donatur dan dana talang”. Ujarnya.
Diani menambahkan, kami sebagai komite yang baru dilantik bulan September 2017 lalu dengan rengrengan komite yang berbeda-beda profesi, ingin menunjukan eksistesi kepada orang tua murid dan guru-guru sebagai bentuk pengabdian, karena kami merasa mempunyai anak yang kita titipkan untuk menuntut ilmu di SMPN 5.
“Kami sengaja mengundang Walikota yang Alhamdulillah bisa hadir, tiada lain untuk menunjukan keseriusan kami sebagai komite dan mudah-mudahan menjadi inspirasi buat sekolah atau komite lain bahwa apabila kita mengerjakan dengan tujuan ibadah dan ikhlas, maka insyaallah akan ada jalan keluarnya”, pungkas Diani Safarina kepada Gema Mitra di ruang kerjanya, Senin (7/5/2018). (Tatang RA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here