KKN Uniga Linggarjati 1 Disambut Baik Oleh Kepala Desa dan Masyarakat Setempat

0
647
Alt
Foto bersama Kepala Desa Linggarjati Deden Mustopa, dalam rangka penyambutan KKN Kelompok Linggarjati 1.

Gema Mitra – Garut

Setelah dilaksanakan upacara pelepasan sebanyak 1.168 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Garut (UNIGA) 2018 Tahun akademik 2017/2018 yang dipimpin langsung oleh  Plt. Bupati Garut yang diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) I bidang Pemerintahan Drs. H. Didit Fajar Putradi, M.Si.  didampingi Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, pada hari Senin (26/2) bertempat di Halaman Kampus Universitas Garut, kini para peserta KKN sudah tersebar di wilayahnya masing-masing.

Seperti dikatakan Ketua Panitia yang juga Ketua LPPM Uniga, Prof. Dr. Hj. Ieke Sartika Iriany MS, bahwa, para peserta KKN dibagi menjadi 53 kelompok disebar ke lima Kecamatan dan 44 Desa di kawasan Garut selatan (Garsel). Diantara Kec. Bayongbong 18 Desa, Kec. Cigedug 5 Desa, Kec. Cikajang 12 Desa, Kec. Pamulihan 5 Desa dan Kec. Cihurip 4 Desa. Setiap Desa diterjunkan Satu kelompok. Khusu untuk Kec. Cihurip dan Kec. Pamulihan dua Kelompok yang terdiri dari 20 sampai 24 mahasiswa setiap kelompoknya.

“Adapun untuk program unggulan yang diusung dalam KKN Tematik Uniga 2018 berbeda dengan tahun sebelumnya sekarang lebih disesuaikan dengan fakultas serta program studi yang ada di lingkungan Universitas Garut, contohnya program unggulan di Kec, Bayongbong yaitu pendidikan karakter oleh Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) dan Internet Sehat oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, di Kec. Cigedug dan Cikajang yaitu Kewirausahaan oleh Fakultas Kewirausahaan, dan untuk Kec. Cihurip dan Pamulihan yaitu program Agrowisata dan Mitigasi Tanah”, paparnya.

Sementara itu, Tim KKN Linggarjati 1 yang ditugaskan di wilayah Desa Linggarjati Kec. Pamulihan terdiri dari Herbi Dharmawan, Alki Diyasmar Fakultas Ilmu Komunikasi, Gilang Ramadhan, Yushep Saepudin, Danti Siti Damayanti, Reka Kristiyara, Nur Fadillah Savira, Reni Nuraeni, Akbar Noor H, Alwi Prima Artha, Fakultas Ekonomi, Cecep Nuryana, Nandang Hendi, Imas Nurhatipah, Selvina Hanifa, Intan Sukma Meylani, Ira Wiranti Sutrisna Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Engkus Kusnaedin, Asep Sandi Rupias, Fakultas Pertanian, Ryan Ridhatul Imam, Andi Apriliansah Fakultas Ilmu Sosial Politik dan Heni Siti Nuraeni, Nuy Sunarya, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, di sambut langsung oleh Kepala Desa Linggarjati Deden Mustopa.

“Kami atas nama kepala dan perangkat Desa Linggarjati Kec. Pamulihan mengucapkan selamat datang kepada peserta KKN UNIGA dari kelompok Linggarjati 1, semoga dengan adanya kegiatan KKN ini, masyarakat akan lebih bertambah wawasannya dan juga mahasiswa mendapat pengalaman baru disini”, ungkap Deden.

Lebih lanjut dikatakan, selain mengapresiasi dengan adanya kegiatan KKN ini, kami berharap para mahasiswa dan masyarakat bisa saling berkoordinasi dan saling menjaga demi menciptakan situasi yang aman, tertib dan kondusif. “Sekali lagi kami mengucapkan selamat mengabdi kepada para mahasiswa, mudah-mudahan betah dan lancar dalam menjalankan tugasnya, menjadi mahasiswa panutan masyarakat”, harapnya.

Alt
KKN Kelompok Linggarjati 1 dalam rangka sosialisasi dan observasi lingkungan di Desa Linggarjati Kec. Pakenjeng.

Alki Diyasmar Ketua Kelompok Linggarjati 1 mengatakan, bahwa Alhamdulillah kami disambut baik oleh kepala desa dan segenap masyarakat disini. Tentunya dalam melaksanakan KKN ini banyak hal yang harus dipersiapkan, yang pertama kami lakukan adalah bersosialisasi, beradabtasi dengan lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Dengan kerjasama yang baik, menjunjung loyalitas dan menjaga nama baik almamater, semoga kami bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai keilmuan yang kami dalami”, ungkapnya.

Alki juga berharap dan memohon doa restu dalam menjalankan tugas KKN ini, supaya diberikan kesehatan, kelancaran dan bisa belajar menyerap banyak ilmu dalam pengabdiannya tersebut. “Gerak rasa dan wiwaha yang luhur senantiasa akan memancarkan sinar kasih sayang pada sesamanya”, pungkasnya. (Kesit)

    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here