Iis Suhartini, S.Pd: Kepala Sekolah SD Negeri Bantargedang Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan

0
415
Kepala Sekolah SDN Bantargedang Iis Suhartini, S.Pd sedang memberikan pengarahan pendidikan karakter melalui permainan dihadapan peserta didik

Gema Mitra – Kota Tasik

Pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Menurut Thomas Lickona, tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter tidak akan efektif.

Dengan pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, diharapkan seoarang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi ini adalah bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan, karena seseorang akan lebih mudah dan berhasil menghadapi segala macam tantangan kehidupan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademis.

Atas dasar itu, SD Negeri Bantargedang yang berada di Jalan Bantargedang Nomor 26 Kecamatan Cibeureum UPT Dinas Pendidikan Wilayah Timur, saat ini sedang gencar menanamkan pendidikan karakter di sekolahnya. “Hal itu dimulai dari pembiasaan yang paling kecil yaitu nilai sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2). Adapun pembiasaan yang rutin dilaksanakan diantaranya, pemeriksaan kerapihan pakaian, rambut, kultum tentang pemahaman karakter, mengaji, literasi, kegiatan kepramukaan dan kegiatan yang lainnya”, papar Kepala Sekolah SD Negeri Bantargedang Iis Suhartini, S.Pd kepada Gema Mitra, Selasa pekan kemarin.

Alt
Siswa-Siswi SDN Bantargedang melaksanakan pemeriksaan kerapihan pakaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here