Air di Embung Cibeureum Kian Menyusut, Pemilik Karamba Ketar-ketir

0
77
Alt
ketinggian air di Embung Cibeureum kian menyusut
Gema Mitra | Tasikmalaya
Penyusutan air pada embung Cibeureum Desa Simpang Kec. Bantarkalong terus terjadi, akibatnya terlihat hamparan tanah daratan yang setadinya tergenang air.
Selain akibatkan terhentinya pasokan irigasi untuk ratusan hektar sawah, penyusutan air di embung/situ terbesar di Tasela ini membuat ketar-ketir pemilik karamba (kolam ikan dengan jaring ikan apung). Bahkan sejumlah peternak ikan karamba memilih memindahkan ikan mereka ke kolam darat,sebagian lainnya memilih menjual ikan tawar mereka lebih cepat walau belum masuk waktu panen.
Salah seorang pemilik karamba ikan di embung Cibeureum Ato mengatakan, pengurangan air terus terjadi setiap hari, saat ini air hanya menggenangi titik yang miliki kedalaman lebih, selebihnya telah berubah jadi daratan.
Mengantisipasi kerugian, dirinya langsung menjual sebagian ikan yang selama ini pelihara di 6 karamba miliknya, selain itu sebagian ikan air tawar jenis nila dan gurame yang belum masuk usia panen dipindahkan ke kolam milik saudaranya.
“Sementara karamba ini saya kosongkan dulu sambil menunggu volume air di embung Cibeureum kembali normal,” ujarnya, Kamis (2/8/2018). (Mz)
sumber : jejakjabar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here