270 Pengurus Bumdes Se-Kabupaten Tasikmalaya Ikuti Pelatihan dan Sharing Sesion

0
640
Alt

Gema Mitra – Kab. Tasikmalaya

Kegiatan pelatihan dan Sharing Sesion Badan Usaha milik desa (Bumdes) se-Kabupaten Tasikmalaya, bertempat di Balroom Raflesia Hotel Santika Tasikmalaya, Kamis (8/3/2018).

Kegiatan ini diikuti 270 orang pengurus Bumdes Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kegiatan tersebut BRI cabang Tasikmalaya memberikan pelatihan untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini sebagai komitmen BRI untuk mengingatkan kapabilitas BUMDes, terutama dalam sisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Pimpinan Cabang BRI Tasikmalaya Argogung Murba Putranta mengatakan, dalam pelatihan ini BRI menghadirkan narasumber Bumdes percontohan yakni Bumdes Desa Ponggok Klaten.

“Para peserta pelatihan diberikan transfer wawasan cara mengembangkan potensi usahanya sesuai dengan kekuatan di wilayahnya masing-masing sehingga bisa lebih maju,” katanya.

Pengurus Bumdes Tasikmalaya bisa mempelajari bagaimana sebuah bumdes yang sudah profesional bisa memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat di wilayahnya.

Selain itu, dalam acara tersebut BRI juga menghadirkan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang bergerak di bidang komoditas pertanian dan pangan. Hal ini menjadi relevan karena kebanyakan Bumdes di Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi komoditas pertanian, sehingga bisa dijalin kerjasama. “BRI memberikan akses kepada Bumdes untuk memperoleh ruang pasar yang begitu luas lagi,” ujarnya. Bumdes juga bisa melakukan kerjasama dalam hal pemasaran komoditi.

Argo berharap dengan pelatihan ini bisa membawa pembelajaran terbaik, bagaimana mengelola Bumdes yang berhasil. ”BRI juga berharap Bumdes memiliki usaha awal sebagai agen Brilink,” katanya. Dengan Brilink, masyarakat bisa memanfaatkan layanan dan jasa bank tanpa datang ke kantor. ”Bumdes yang berperan sebagai agen Brilink-nya pun bisa mendapat sharing pendapatan dari setiap transaksi,” ujarnya.

Ketua Forum Bumdes Kabupaten Tasikmalaya Usep Hadiana mengatakan, pelatihan  yang diadakan BRI ini menjadi modal yang sangat berharga bagi pengurus Bumdes Kabupaten Tasikmalaya. “Sebagai Bumdes rintisan, persoalan yang kami hadapi memang dari sisi sumber daya manusia (SDM). Maka pelatihan ini sangat relevan bagi kemajuan Bumdes di Kabupaten Tasikmalaya,” paparnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here