186 Peserta CPNS Tahun 2018 Kabupaten Tasikmalaya Ikuti Diklat Prajabatan di Pusdikmin Lemdiklat Polri Bandung

0
339
Alt

Gema Mitra – Kab. Tasikmalaya

Diklat prajabatan atau pendidikan dan pelatihan prajabatan adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat PNS. Salah satu jenis diklat adalah diklat prajabatan (golongan I, II atau III) yang merupakan syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai golongan tersebut di atas. Diklat prajabatan dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.
Alt
Persiapan pemberangkatan peserta Diklat Prajabatan CPNS tahun 2018 menuju pusdikmin polri bandung.
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya melalui bidang Penunjangan dan Prajabatan, memberangkatkan peserta Prajabatan CPNS Tahun 2018 untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan yang ditempatkan di Pusat Pendikdikan Administrasi Lemdiklat Polri Jalan Gede Bage 157 Bandung, Jawa Barat sebagai pihak penyelenggara, mulai dari tanggal 18 – 24 Februari 2018.
“Diklat Prajabatan CPNS Tahun 2018 ini merupakan gelombang ke 2 kategori 1 dan 2 terdiri dari formasi honorer khusus dari PTT dan THL. Untuk Bidan sebanyak 144, Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian sebanyak 42 orang, jadi total keseluruhan peserta prajabatan CPNS 2018 ini sebanyak 186 peserta”, papar Muhammad Kundrat Indra Praja Kasubid Bidang Penunjangan dan Prajabatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tasikmalaya.
Kundrat menjelaskan, untuk gambaran teknis selama pembelajaran disana dilaksanakan dengan metode on class mulai dari pagi pukul 08.00 sampai malam hari pukul 09.30. Jadi selama diklat prajabatan ini materi-materi yang disampaikan itu dikelas berbeda dengan prajabatan yang umum. Kalau prajabatan yang umum itu setelah di kelas kembali lagi ke instansinya masing-masing untuk mengaplikasikan apa yang mereka peroleh dan kembali lagi jadi ada sistem on off . Sedangkan kalau yang prajabatan khusus kegiatannya dilaksanakan di kelas selama 7 hari full.
Alt
Peserta Diklat tengah mengikuti pengarahan dari BKD Kab. Tasikmalaya.
“Semoga setelah mengikuti prajabatan ini para peserta mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya untuk Bidan dan THL karena mereka akan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Diharapkan setelah selesainya prajabatan ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik”, pungkas Kundrat kepada Gema Mitra, Minggu 18/02/2018. (Tatang RA) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here